Cara Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone Secara Efektif dan Efisien

Pernah gak sih, ketika kita ingin menginstall aplikasi baru di smartphone kita, tapi ternyata memori smartphone kita sudah full isinya? Ngeselin 'kan? Nah, pada kesempatan kali ini admin dari RamaTricks ingin berbagi beberapa tips bagaimana caranya menghemat memori penyimpanan di smartphone milik teman-teman sekalian. Beli kartu SD baru? Hapus aplikasi yang lain? Tenang, tipsnya tidak seperti itu kok. Hehehe. Tips yang akan admin jelaskan disini tentu lebih berfaedah daripada tips-tips mainstream yang biasa kita temukan di Google. Tanpa berbasa-basi lagi, berikut adalah tips menghemat memori penyimpanan di smartphone milik kita. Disimak ya gan!

cara menghemat memori penyimpanan di smartphone
Cara Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone

1. Menghapus pesan lama

Nah, biasanya banyak user yang sering tidak peduli dengan hal ini, bahkan termasuk admin sendiri, hehehe. Untuk menghapus pesan lama yang ada di smartphone, langkah pertama yaitu masuk ke Setelan > Aplikasi > Lainnya > Pesan. Lalu dari sana kita akan disediakan pilihan untuk mengatur jumlah batas pesan untuk kita hapus. Aktifkan fitur tersebut supaya kita tidak repot lagi menghapus pesan secara manual. 

2. Membatasi kualitas video dan foto yang kita ambil

Selain menghapus pesan-pesan lama yang ada di smartphone kita, tips selanjutnya adalah membatasi kualitas video dan foto yang telah kita ambil. Jika tidak terlalu penting, lebih baik jangan gunakan resolusi tertinggi dari kemampuan kamera kita, karena akan memakan banyak memori penyimpanan yang kita miliki. Untuk video, jangan menggunakan pengaturan seperti HDR ataupun 4K yang akan menggunakan lebih banyak memori. Dengan begitu, memori penyimpanan yang ada di smartphone kita bisa lebih hemat, efektif, dan efisien.

3. Membackup data di layanan cloud

Masih menggunakan cara manual ketika melakukan backup data? Kampungan! Hahaha! Sekarang ini, ada yang namanya aplikasi IFTTT (If This Then That) yang akan membantu proses backup data teman-teman sekalian. Nantinya, data tersebut akan dibackup ke layanan cloud yang tersedia. Jadinya, kapasitas memori penyimpanan teman-teman pun bisa lebih dimaksimalkan dengan baik.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi IFTTT tersebut? Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi IFTTT nya di Google PlayStore. Lalu di sana teman-teman akan melihat petunjuk prinsip dasar dari IFTTT, yaitu ketika (IF) teman-teman mengambil foto (This), maka smartphone teman-teman sekalian secara otomatis akan melakukan (Then) backup datanya ke cloud (That). Bila teman-teman sudah memasang aplikasi tersebut, segera aktifkan. Lalu...... silahkan berfoto sepuasnya. Hehehe. 

4. Menghapus cache aplikasi 

Terkadang, smartphone Android banyak sekali menyimpan cache untuk setiap aplikasi yang kita telah pasang. Lebih baik, kita bersihkan saja Cache dari aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu sering kita gunakan. Bagaimana caranya menghapus cache aplikasi tersebut? Caranya, masuk ke Setelan > Aplikasi > Pilih Aplikasi dan pilih Hapus Cache. Mudah 'kan?

5. Menggunakan layanan streaming

Terakhir, agar kita bisa menghemat memori penyimpanan dari smartphone kita, gunakanlah layanan streaming untuk menikmati konten-konten digital yang ada. Selain juga menghemat memori, kita juga secara tidak langsung mengapresiasi para pencipta dari konten-konten digital tersebut dengan tidak mengunduh karyanya secara bajakan. Mantap jiwa 'kan? Hehehe.

Sekian tips menghemat memori penyimpanan di smartphone dari admin. Semoga ada guna dan manfaatnya. Terima kasih dan sampai jumpa!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone Secara Efektif dan Efisien"

Post a Comment