Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality



Belakangan ini Teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan juga semakin canggih. Bahkan kita sebagai penggunanya sudah bisa merasakan berbagai manfaatnya. Akhir-akhir ini, teknologi yang sedang hangat dibicarakan adalah Virtual Reality dan Augmented Reality. Apa sih Virtual Reality dan Augmented Reality itu?


Virtual Reality


Virtual Reality terdiri dari dua kata yaitu Virtual dan Reality yang artinya Maya dan Realitas. Jadi, Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya merupakan teknologi yang memungkinkan user dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan berdimensi 3 yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi, sehingga membuat user seolah-olah terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut.

Video ini merupakan salah satu kreativitas manusia dalam penggunaan teknologi VR agar kita dapat merasakan sensasi yang lebih nyata.


Contoh teknologi Virtual Reality yang cukup sederhana adalah Google Cardboard karena dibuat menggunakan kertas. Dengan menggunakan Google Cardboard ini kita akan merasakan pengalaman virtual reality dengan cara menggabungkan smartphone yang memiliki sensor gyroscope. Berikut adalah video penggunaan dari Google Cardboard.


Sebuah teknologi dapat dikatakan sebagai virtual reality jika sudah memenuhi beberapa  persyaratan berikut :


  • Tampilan gambar / grafis / visualisasi 3D tampak nyata dan sesuai dengan perspektif dari user
  • Mampu mendeteksi semua gerakan dan respon dari user, sepeti gerakan kepala atau bola mata pengguna. Ini dibutuhkan agar tampilan grafis dapat sesuai dengan perubahan dunia 3D dari user itu sendiri.

VR bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal, contohnya dalam dunia militer. VR bisa diterapkan untuk alat latihan militer sehingga mereka bisa berlatih mengalami situasi-situasi tertentu di medan perang secara nyata melalui dunia virtual seperti di film-film. Selain itu, manfaat di bidang lainnya antara lain pada bidang medis, asitektur dan penerbangan. Contohnya, seorang calon pilot dapat menggunakan VR untuk simulasi penerbangan menggunakan komputer khusus untuk melakukan ujian.

Augmented Reality 

Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya baik berdimensi 2 maupun berdimensi 3, dan benda-benda nyata ke dalam sebuah lingkungan nyata berdimensi 3, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata agar terintegrasi dan berjalan secara interaktif dalam dunia nyata.

Augmented Reality (AR) dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah di aplikasi kan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak seperti smartphone.


Teknologi ini sangat berguna sekali dalam kehidupan kita sehari-hari, contoh nya saja ketika kita sedang berada diantara beberapa tempat makan dan kebingungan untuk memilihnya, dengan menggunakan teknologi ini, kita hanya mengarahkan kamera smartphone kita ke tempat makan tersebut, dan bimsalabim! seketika akan muncul informasi seperti menu dan harga yang di sediakan di tempat makan tersebut. Luar biasa bukan? Dalam hitungan detik kita sudah bisa mengetahui informasi dari sebuah tempat maupun benda. Tentunya teknologi ini sangat memudahkan kita sebagai user dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Jika masih penasaran, bisa dilihat di video ini : 


Sebuah proyek besar AR terkini yang dikerjakan oleh Microsoft yaitu Microsoft Hololens, teknologi yang akan membuat kita seperti Tony Stark dalam film Iron Man. Dengan Microsoft Hololens kita bisa menikmati berbagai hologram interaktif yang ditampilkan di berbagai tempat. Bentuknya mulai dari hologram ramalan cuaca di cermin kamar mandi sampai dengan hologram Minecraft yang dapat dimainkan di meja ruang tamu.

    Penggunaan Teknologi Augmented Reality pada game Pokemon Go


Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam dunia medis

Jadi, perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality adalah Virtual Reality menggantikan dunia nyata menjadi dunia semu secara keseluruhan, sedangkan Augmented Reality menambahkan atau melengkapi dunia nyata dengan benda-benda semu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality"

Post a Comment