Cara Bermain Game HD di Android Tanpa Lag

Smartphone Android pada zaman yang sudah modern ini menjadi barang yang wajib dimiliki baik itu dikalangan anak-anak maupun dewasa, selain bisa digunakan sebagai alat komunikasi, Smartphone Android juga dapat digunakan untuk bermain berbagai game. Dari game yang terdapat di PS1, PS2, Nintendo ataupun platform lainnya dapat dimainkan pada Smartphone Android. Tidak cuma dapat memainkan game yang berasal dari platform lainnya, Android juga memiliki game eksklusif yang hanya dapat dimainkan melalui Device Android dan bisa didapatkan secara gratis melalui Google Play Store yang merupakan situs resmi dari berbagai kumpulan aplikasi maupun game pada Android.

Dari sekian banyak game gratis maupun berbayar yang terdapat pada Android, tidak sedikit pula game yang memiliki kualitas grafis tinggi, yang bisa dikatakan setara dengan Grafis game  yang terdapat di PC ataupun  Console, sehingga game-game yang tersedia dan dapat dimainkan pada platform Android sangatlah memuaskan penggunanya.

Dan salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui yaitu tidak semua Device Smartphone Android dapat digunakan untuk bermain game-game yang mempunyai kualitas grafik tinggi, beberapa game tersebut diantaranya adalah PES, FIFA, GTA dan masih banyak lagi game android lainnya yang hanya bisa dimainkan pada Smartphone yang memiliki MID-High Spek.

Nah, untuk dapat memainkan beberapa game yang disebutkan diatas tadi Smartphone kita dituntut untuk memiliki Spek yang cukup lumayan baik itu dari segi RAM (Random Acces Memory), CPU (Central Processing Unit), maupun GPU (Graphics Processing Unit). Sedangkan untuk mendapatkan Smartphone Android yang memiliki Spek gahar kita diharuskan untuk merogoh kocek yang cukup dalam.

Maka dari itu disini mimimn akan memberikan kalian berbagai tips dan trik untuk bisa memainkan Game HD Android pada device Low Spek tanpa mengalami lag, stuttering, maupun patah-patah. 10 Tips dibawah ini dapat membuat Android kamu menjadi sangat ringan serta dapat meningkatkan kualitas GPU kamu dengan memakai berbagai software tambahan, penasaran dengan tips-nya? langsung saja simak dibawah ini.

Cara Bermain Game HD di Android Tanpa Lag


10 Tips Menghilangkan serta Menghindari Lag disaat Bermain Game HD Android:


1. Saat bermain Game, Usahakan Daya Baterai diatas 20%

Baterai yang memiliki daya di bawah 20 persen akan menyebabkan kinerja prosesor menurun alias tidak menjadi maksimal karena pada smartphone terdapat fitur penghemat baterai jika daya dibawah 20% dan fitur tersebut akan menurunkan performa processor dan lebih mementingkan ke Daya Baterai.

Hal ini akan menjadikan permainan kita menjadi tidak lancar atau lag, bahkan cenderung sangat berat disaat kondisi smartphone telah memunculkan notifikasi daya baterai lemah. Permasalahan ini pastinya akan sangat mengganggu kamu terutama bagi yang bermain game Online. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan ini usahakan Charge Smartphone Android kamu hingga 100% sebelum memainkan Game terutama yang memiliki kualitas grafik HD.

2. Hindari Pekerjaan Multitasking disaat Bermain Game

Saat Kamu bermain game, pastikan untuk menutup berbagai aplikasi lainnya yang sedang berjalan di latar belakang, hindari kebiasaan langsung menekan tombol Home ketika selesai menggunakan berbagai aplikasi, hal ini akan menyebabkan aplikasi tersebut hanya di minimize bukan ditutup pada perangkat Smartpone.

Tutuplah berbagai aplikasi yang digunakan secara manual yaitu dengan menekan tombol back pada smartphone. Hal ini dilakukan agar aplikasi tertutup secara penuh dan tidak berjalan pada latar belakang. Dengan menutup aplikasi secara manual aktivitas gaming kamu akan menjadi lancar dan juga tips ini dapat kamu gunakan untuk menghindari masalah stuttering pada game.

3. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang terlalu banyak terinstall tidaklah baik bagi performa Smartphone, berbagai aplikasi yang diinstall lama kelamaan akan menumpuk cache nya dan juga akan membuat banyak file sampah (junk files) pada Android kamu.

Selain permasalahan diatas, terlalu banyak menginstall aplikasi juga dapat membuat kapasitas memeri pada Android kamu menjadi sesak dan cepat penuh. Maka dari itu, Segeralah untuk Uninstall berbagai aplikasi yang kurang bermanfaat pada smartphone kamu terutama aplikasi yang dapat berjalan pada latar belakang seperti Facebook, Twitter dan lainnya. Dengan melakukan hal ini aktivitas gaming kamu akan menjadi lebih smooth dan yang pastinya lancar jaya tanpa kendala.

4. Hindari Memory Terlalu penuh

Hal ini yang menjadikan permasalahan pokok yaitu Lag disaat bermain game, Sebuah Smartphone wajib memerlukan ruang kosong untuk 'bernapas' agar dapat menjalankan suatu aplikasi maupun program secara optimal.

Kondisi memory amaupun RAM yang terlalu 'sesak' dengan berbagai macam file serta aplikasi, akan mengakibatkan kinerja android menjadi sangat lemot, alhasil aktivitas bermain game-pun menjadi tidak nyaman.

Cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk membebaskan space atau ruang memori pada Smartphone Android kamu yaitu dengan cara menghapus berbagai macam aplikasi yang tidak diperlukan, atau juga kamu bisa menghapus cache data serta file sampah menggunakan software tambahan seperti CCleaner. Selain itu juga kamu bisa menonaktifkan aplikasi bawaan yang telah terinstall pada Android melalui pengaturan sistem.

5. Kurangi Widget

Widget pada Android sebenarnya cukup terbilang berguna untuk dapat memudahkan akses yang cepat. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa widget yang terlalu banyak dipasang dapat membuat android menjadi lemot. Karena disaat menghidupkan smartphone maka semua widget yang telah terpasang pada desktop android akan ikut aktif atau berjalan.

Hal ini tentunya akan membuat memori RAM menjadi sesak, karena Widget akan berjalan di proses latar belakang disaat kita bermain game. Maka dari itu, buanglah berbagai macam widget yang kurang bermanfaat pada Android kamu, selain dapat meringankan penggunaan RAM, melakukan hal ini juga akan membuat aktivitas gaming kamu menjadi lebih lancar.

6. Nonaktifkan Animasi Layar dan Transisi

Berbagai macam animasi layar serta efek transisi pada andorid memang terlihat sangatlah indah. Akan tetapi animasi layar serta efek transisi pada launcher dapat membuat kinerja Android menjadi lambat dan berat.

Maka dari itu, jika kamu mementingkan aktivitas gaming daripada estetika atau keindahan, kamu dapat menon-aktifkan anmasi layar serta efek yang terdapat pada launcher yang kamu gunakan.

Untuk dapat me-nonaktifkan animasi serta efek transisi secara keseluruhan pada android, kamu bisa melihat caranya dibawah ini:

  1. Masuk pada menu pengaturan
  2. Scroll ke bawah, lalu pilih opsi about phone.
  3. Cari pilihan software information selanjutnya pilih nomor bentukan atau build number, lalu tekan sebanyak tujuh kali hingga Kamu melihat Developer Mode Options telah diaktifkan.
  4. Kembali lagi ke Pengaturan dan pilih menu opsi pengembang.
  5. Scroll ke bawah lalu cari skala animasi jendela, Lalu set ke 'Off'.
  6. Tekan skala durasi animator, lalu set ke 'Off'.

7. Restart Android

Android yang terlalu lama hidup juga tidak baik bagi performa Smartphone, selain selalu aktif meyimpan cache android yang selalu hidup juga akan menjalankan berbagai aplikasi pada proses latar belakang tanpa kamu ketahui, oleh karena itu Restart Smartphone Android perlu kamu lakukan jika performa smartphone kamu sudah terasa agak lemot.

Dengan melakukan restart, android kamu akan membersihkan sebagian cache yang telah tersimpan,  serta menghentikan tugas yang sebelumnya berjalan pada background process, dan membuat Android kamu Refresh atau segar kembali. Hal ini tentunya dapat membuat Kinerja serta kecepatan Android menjadi lebih optimal.

8. Pastikan Game Selalu Up To Date

Apabila game yang kamu mainkan sering terasa lambat, maka cobalah untuk mengecek game yang terinstal pada Android, Jika terdapat notifikasi pembaruan maka segeralah untuk melakukan install pada versi terbarunya.

Mengapa aplikasi game yang kita miliki harus Up To Date? karena Selain dapat meminimalisir bug yang terjadi pada versi sebelumnya. Tentunya aplikasi game yang terbaru akan lebih kompatibel dan terdapat penambahan fitur yang mungkin akan membuat performa game tersebut menjadi lebih enteng dari versi sebelumnya.

9. Gunakan Aplikasi Game Boster & Launcher

Untuk mengatasi lag pada game, kamu juga dapat memakai aplikasi gratis atau software tambahan yang terdapat pada Google Play Store, yang dapat membuat performa game menjadi lebih optimal. Dengan menggunakan Game Booster ini, dapat membuat aplikasi lainnya yang sedang berjalan pada latar belakang akan dimatikan sementara.

Hal ini tentunya akan membuat ketersediaan RAM pada Android kamu menjadi lebih besar dari sebelumnya. Karena berbagai aplikasi serta process yang berjalan pada background akan diberhentikan sementara untuk mendapatkan performa yang maksimal.

Untuk mendapatkan Game Booste, kamu bisa men-Download aplikasi Game Booster melalui Google Play Store

Cara menggunakannya:
  1. Buka aplikasi "Booster", lalu ijinkan aplikasi tersebut untuk melakukan scan daftar aplikasi kita. Aplikasi ini tidak akan meminta akses ROOT
  2. Tambahkan game yang ingin kamu booster performanya dengan cara menekan tombol icon '+' kemudian centang game tersebut lalu tekan "save"
  3. Kamu juga bisa berbagai game lainnya yang ingin dilakukan booster.
  4. Pada aplikasi, tinggal kamu pilih game mana yang akan di booster. Sehingga aplikasi game akan bekerja lebih optimal untuk membuat RAM hanya fokus pada game yang sedang dimainkan

10. Menggunakan Aplikasi Pure™ Graphics HD

Untuk dapat memaksimalkan performa grafis atau GPU pada Android, maka diperlukan beberapa cara, seperti dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Pure™ Graphics HD, Aplikasi ini dibuat oleh jeeko (member pada forum xda-developer), dengan tambahan software ini tentunya dapat membantu kita agar dapat memaksimalkan kemampuan maupun kinerja graphic yang terdapat di Android.

Kemampuan Pure™ Graphics HD juga dapat digunakan untuk rendering GPU, meningkatkan video HW render, serta meningkatkan kemampuan perangkat Smartphone Android agar bisa lancar untuk memainkan game HD. Kamu bisa men-Download aplikasi Pure™ Graphics HD disini

Cara memasang dan menggunakan Pure™ Graphics HD:
  1. Aplikasi Pure™ Graphics HD ini kompatibel pada OS GB/ICS/JB/Lollipop/Nougat dan semua device Android.
  2. Kamu dapat Menginstall aplikasi dengan cara flashing melalui CWM (clockwordmod recovery)
  3. Setelah install silahkan reboot Android kamu.
  4. Lalu mainkan game HD, dan silahkan kamu rasakan perbedaannya.

Nah, itu dia 10 Tips untuk menghindari serta menghilangkan Lag disaat kita bermain Game HD pada Android, jika kamu memiliki trik ataupun tips lainnya untuk mengatasi lag disaat bermain Game HD pada Android, kamu dapat menambahkannya melalui kolom komentar dibawah ini. Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi serta subscribe website Indroid agar kamu mendapatkan tips dan trik keren lainnya seputar Android.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Bermain Game HD di Android Tanpa Lag"

Post a Comment