Cara Mengatasi dan Mengembalikan Playstore Yang Terhapus

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Terhapus - Salah satu dari sekian banyak kemungkinan yang dapat terjadi setelah perangkat Smartphone Android kamu telah diroot ataupun menginstall ROM adalah terhapusnya beberapa aplikasi bawaan Android secara tanpa sengaja. Mungkin jika aplikasi biasa yang terhapus ataupun hilanglah bukanlah masalah, namun apa yang terjadi jika aplikasi yang terhapus atau ter-uninstall adalah Google Play Store masalahnya akan lain. Mengapa? Karena aplikasi Play Store sendiri tidak ada di Google Play Store.

Cara Mengatasi dan Mengembalikan Playstore Yang Terhapus
Terlepas dari permasalahan tersebut, kamu tidaklah perlu merasa khawatir. Karena disini kamu masih bisa untuk memasang atau menginstall Google Play Store dengan menggunakan petunjuk Cara download dan install Google Play Store yang terhapus dibawah ini.


Peralatan:

Sebelum mengunduh dan melakukan instalasi, Kamu terlebih dahulu harus mengaktifkan sumber tidak dikenal (Unknown Sources) yang terdapat pada pengaturan. Alasannya agar kamu sebagai pengguna dapat melakukan proses instalasi aplikasi yang sumbernya atau source-nya bukan dari Google Play Store. Dibawah ini merupakan cara mengaktifkan Unknown Sources serta link Download Play Store :
  1. Masuk pada menu pengaturan perangkat Android. Setelah itu pilih opsi “Security”.
  1. Selanjutnya kamu akan melihat pilihan “Unknown Sources”. Disini kamu hanya perlu centang kotaknya untuk dapat mengaktifkan mode tersebut. Nantinya akan muncul sebuah peringatan dan alangkah baiknya kamu membacanya hingga selesai. Setelah itu klik tombol “OK”.
  1. Sampai disini kamu sudah diberi hak untuk dapat melakukan instalasi APK dari sumber selain Google Play Store.
Keterangan: jika pada menu pengaturan tidak terdapat opsi “Security”, mungkin kamu harus mencarinya pada menu “Privacy” ataupun “Apps”.

Langkah Selanjutnya yaitu Mengunduh:

Setelah selesai mengaktifkan Unknown Sources, Kamu sudah bisa untuk mengunduh Play Store APK. Pastikan kamu mengunduh APK ini di tempat yang terpercaya, sehingga bebas dari virus ataupun malware. Untuk lebih dapat mengantisipasi, Kamu bisa memilih salah satu link aplikasi Google Playstore yang tersedia di bawah ini.







Proses Instalasi:

Untuk dapat melakukan instalasi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara penginstalan aplikasi ataupun APK lainnya. Kamu hanya perlu menyiapkan file manager untuk bisa  membuka file APK. Biasanya pada Smartphone Android telah memiliki file manager secara default dan sudah bisa membuka semua jenis file. Namun jika tidak ada, Kamu bisa mengunduh ES File Explorer melalui link dibawah ini.

Unduh: ES File Explorer

Selanjutnya, Silahkan kamu cari file Play Store APK yang sebelumnya telah diunduh. Misalnya kamu menyimpannya pada kartu SD, Maka kamu bisa pergi ke lokasi SD Card dan klik file APK tersebut. Selanjutnya biasanya akan muncul peringatan mengenai penggunaan file tersebut. Kamu bisa klik “Package Installer”.

Setelah itu akan muncul kotak permission (izin). Scroll ke bawah, lalu klik tombol “Install”. Sampai disini seharusnya aplikasi Google Play Store sudah ada pada daftar aplikasi pada Android Kamu. Selanjutnya kamu bisa menonaktifkan kembali fitur Unknown Sources jika diperlukan.

Selain menggunakan Cara download Serta Install Play Store yang terhapus di atas, kamu juga bisa mendapatkan kembali Play Store dengan cara meminta kepada teman tapi dengan catatan OS (Operating System) pada android kamu sama seperti punya teman kamu, contohnya saja jika OS teman kamu Nougat maka Aplikasi Play Store hanya bisa digunakan pada OS Nougat pula. Melakukan transfer aplikasi dari Android satu ke Android lainnya dapat dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga, semperti Apps Share, Shareit, dll. Biasanya aplikasi seperti itu hanya membutuhkan akses Bluetooth ataupun Wi-Fi pada kedua handset agar bisa tersambung satu sama lain.

Sekian Artikel Singkat mengenai Cara Mendownload Google Playstore Yang Terhapus, Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi serta subscibe website Indoroid ini agar kamu tidak ketinggalan seputar Tips ataupun Trik menarik lainnya mengenai Android.

Comments