Minggu, 11 Februari 2018

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Smartphone Android

Cara Memperkuat Serta Mencegah Sinyal Wi-Fi Drop Pada Smartphone - Di era globalisasi atau zaman yang canggih pada tahun 2018 saat ini, mulai banyak pilihan smartphone yang telah di dukung oleh jaringan sinyal 4G. Namun, jika kita hanya memanfaatkan data seluler atau mobile data sepertinya untuk kebutuhan kita tidaklah cukup terutama bagi yang mempunyai hobi mendownload dan streaming. Telah banyak pula kalangan masyarakat pengguna smartphone yang beralih jaringan dari yang menggunakan Mobile Data menjadi menggunakan WiFi.

Keuntungan dari WiFi adalah kamu dapat mengakses internet tanpa adanya FUP dan tentunya tanpa harus membeli kuota Internet. Saat ini sudah banyak tempat-tempat umum yang telah menyediakan WiFi secara gratis. Tetapi jika kamu menggunakan jaringan internet publik, biasanya kecepatan internet terasa akan sangat menurun. Lalu Bagaimana Cara Untuk Memperkuatnya?

Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi Pada Smartphone Android


Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Smartphone Android

Nah, kali ini Indoroid akan mengulas tentang bagaimana caranya agar dapat memperkuat sinyal WiFi serta membuat sinyal wifi tersebut menjadi stabil pada smartphone Android. Silahkan kamu simak beberapa caranya dibawah ini.

1. Dengan Menggunakan Aplikasi

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk memperkuat sinyal wifi yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah WiFi Booster & Analyzer.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mempercepat serta memantau kecepatan pada sinyal WiFi dalam bentuk grafik sinyal. Aplikasi ini akan bekerja menjadi lebih maksimal apabila kamu semakin lama terhubung dengan menggunakan jaringan WiFi.

2. Pindahkan Router WiFi Ke Tempat Terbuka

Cara kedua dan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memperkuat serta menjadikan sinyal wifi stabil yaitu dengan cara menyimpan router WiFi ataupun modem pada tempat yang terbuka. Karena benda penghalang yang terdapat dirumah seperti tembok, kaca, lemari maupun pintu dapat menghambat kekuatan sinyal WiFi.

Contoh tempat yang ideal untuk meletakkan router pada posisi yang tepat adalah di ruang tamu. Dan jangan pernah pula untuk meletakkan router kamu di dekat telepon, microwave ataupun benda-benda elektronik lainnya.

3. Cek Casing Smartphone

Memeriksa casing smartphone juga dapat kamu jadikan sebagai cara alternatif untuk memperkuat sinyal WiFi. Karena biasanya terdapat antena WiFi pada smartphone yang berada di belakang ataupun disamping.

Jika dengan melepas casing smartphone dapat membuat sinyal kamu menjadi lebih kuat, maka dapat dipastikan casing smartphone kamu mempunyai bahan yang terlalu tebal ataupun mengandung materi yang dapat mengganggu jaringan pada sinyal WiFi.

4. Mengganti Password WiFi

Pada kasus permasalahan umum yang sering tejadi pada WiFi, biasanya semakin banyak perangkat yang menggunakan router WiFi maka akan memberikan dampak buruk bagi kecepatan koneksi WiFi. Berbagai dampak buruk yang bisa dihasilkan salah satunya yaitu dapat membuat modem cepat panas dan tentunya mengganggu konektivitas. Maka dari itu, kamu bisa sesekali untuk mengganti password WiFi secara berkala agar dapat mengurangi masalah tersebut.

5. Jauhkan Router WiFi dari Perangkat Elektronik Lainnya

Sama seperti yang telah kita bahas tadi, selain meletakkan router WiFi pada tempat yang terbuka, kamu juga harus menjauhkan router WiFi dari barang-barang elektronik lainnya yang dapat mengganggu konektivitas pada sinyal WiFi.

6. Matikan Modem Secara Rutin

Penggunaan modem yang terlalu sering dan mengedur juga dapat meningkatkan suhu dari modem yang digunakan tersebut. Dikarenakan adanya penggunaan aliran listrik yang terus menerus langsung mengalir pada modem yang tidak ada hentinya.

Dan hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat membuat sinyal WiFi menjadi melemah. Hal yang perlu kamu ketahui jika perangkat yang mentransmisikan sinyal menjadi terlalu panas, maka akan menyebabkan noise pada sinyal WiFi yang dihasilkan.

7. Gunakan Tipe WiFi Terbaru

Pada saat ini, terdapat empat jenis tipe wireless yang tersedia seperti A, B, N, dan G. Dari keempat jenis wireless tersebut, yang paling terbaru adalah teknologi N. Jadi kamu harus selalu menggunakan wireless tipe N agar bisa mendapatkan kecepatan WiFi yang maksimal.

8. Hapus Koneksi Lama

Biasanya jika kamu sedang berada pada tempat umum hal yang paling kamu cari saat kehabisan kuota tentunya adalah tempat yang terdapat free WiFi. Namun, jika kamu terlalu banyak menyimpan jaringan pada Smartphone hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja sinyal WiFi smartphone kamu.

Dan untuk mengatasi hal itu, kamu harus menghapus daftar WiFi lama yang tersimpan dan mungkin sudah tidak digunakan lagi untuk dapat memperkuat sinyal WiFi Android. Cara menghapusnya adalah masuk Setelan > WiFi > Jaringan Tersimpan lalu pilih pada jaringan WiFi mana yang ingin dihapus.

9. Posisi Yang Tepat Berpengaruh Terhadap Sinyal WiFi

Jika kamu ingin merasakan pengalaman internetan tanpa mengalami satupun gangguan, maka kamu dapat mencari posisi yang bebas dari penghalang sinyal WiFi. Sinyal WiFi tidak akan dapat dilihat oleh mata manusia, namun sinyal tersebut dapat terhalang jika terdapat banyak tembok ataupun benda besar di sekitar router WiFi.

10. Menggunakan Custom Kernel

Jika pada smartphone kamu telah tersedia custom kernel, maka sebaiknya cobalah kamu untuk menggunakannya agar penerimaan sinyal WiFi menjadi semakin maksimal. Karena dengan menggunakan berbagai custom kernel, terdapat banyak perbaikan serta tweak yang dapat meningkatkan sinyal smartphone ataupun kekuatan WiFi.

Nah, itu dia artikel singkat mengenai cara untuk memperkuat sinyal WiFi pada smartphone Android. Jika kamu memiliki saran lainnya, kamu dapat menambahkannya melalui kolom komentar dibawah ini, dan jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi serta subscribe website Indoroid agar kamu mendapatkan informasi bermanfaat lainnya seputar internet maupun smartphone.


EmoticonEmoticon