Cara Root & Install Recovery TWRP Pada Xiaomi Redmi Note 3

Halo sobat indoroid, Pada kesempatan kali ini mimin akan berbagi kepada kalian mengenai cara untuk Root, Unlock Bootloader, dan Install TWRP pada Redmi Note 3 Snapdragon. Didalam artikel ini, kamu akan mendapatkan tips serta trik lengkap dan tentunya mudah dipahami tentang Cara Root Xiaomi Redmi Note 3 , Unlock Bootloader dan install TWRP Recovery Pada Redmi Note 3.


Xiaomi Redmi Note 3 resmi diluncurkan pada bulan Januari 2016. Sampai sekarang Redmi Note 3 ini masih menjadi salah satu ponsel paling laris di 2018. Ponsel ini merupakan salah satu produk tersukses dari seri Redmi besutan Xiaomi. Redmi Note 3 memiliki 5,5 ″ IPS Display, Ponsel ini telah menggunakan Body Full metal, dan Desain dari Smartphone Android Redmi Note 3 ini cukup mengesankan. Ponsel ini telah dibekali Processor Snapdragon 650 Chipset dengan Hexa-core (4 × 1,4 GHz Cortex-A53 & 2 × 1,8 GHz Cortex-A72) CPU & Adreno 510 GPU.

Ponsel ini telah diluncurkan dalam dua varian yaitu 2GB RAM / 16GB pilihan & varian lain dengan 3GB Ram & 32GB Storage options atau penyimpanan internal. Terlepas dari perbedaan RAM dan Internal Memory tetapi dua varian ini memiliki spek yang sama.

Pada dasarnya, Cara untuk Root, Unlock Bootloader, serta Memasang Custom Recovery TWRP pada Android ini sangatlah berguna untuk berbagai banyak tujuan seperti memberikan beberapa tweak ke sistem, untuk mendapatkan akses agar bisa menghapus aplikasi sistem atau bloatware, serta menggunakan aplikasi yang hanya berfungsi dengan menggunakan hak akses root. Di sini, pada postingan kali ini kita akan UBL unlock bootloader dari Redmi Note 3 , Instal pemulihan TWRP pada Redmi Note 3 & Instal SuperSu pada Redmi Note 3 untuk mendapatkan hak akses root.

Tip: - Pada tutorial ini, kamu hanya dapat melakukan root pada varian Redmi Note 3 Snapdragon (SD) saja. Jangan mencoba metode ini pada varian atau tipe Redmi Note 3 MediaTek (MTK).

Cara untuk Root Xiaomi Redmi Note 3 (Kenzo)

Seluruh proses rooting dibagi menjadi 3 langkah. Pertama, kamu diharuskan untuk unlock bootloader, kemudian kita akan menginstall pemulihan twrp atau recovery twrp, setelah itu terakhir kita akan mem-flash file zip superSU yang nantinya akan memberikan kita hak akses root.

Catatan: 
  • Harap Buat Cadangan Penuh atau Backup perangkat kamu. Untuk mengembalikannya lagi jika ada langkah yang salah. 
  • Pastikan USB Debugging diaktifkan. 
  • Isi daya perangkat kamu dengan baik, usahakan baterai diatas 50%. 
Bahan dan Persyaratan:

1. Unlock Bootloader dari Redmi Note 3


Setiap Perangkat Xiaomi harus membuka terlebih dahulu bootloader, karena tanpa unlock bootloader proses rooting merupakan hal yang tidak mungkin. Jadi pastikan bootloader tidak terkunci. Untuk cara membuka atau Unlock Booatloader UBL Redmi Note 3, silahkan kamu lihat caranya di google.

2. Pasang TWRP Recovery pada Redmi Note 3


Sekarang, Setelah unlock bootloader kita dapat dengan mudah untuk mem-flash recovery twrp serta dapat mem-flash supersu.zip untuk memberikan akses root pada perangkat kita. Silahkan simak cara berikut ini untuk install pemulihan twrp di ponsel Redmi Note 3 Snapdragon (Kenzo) dibawah ini.

1. Pertama, buka folder tempat kamu telah mengunduh file img rilisan twrp.
2. Buka command window (cmd) dengan cara menekan Klik kanan sambil menekan tombol Shift.
3. Selanjutnya, kamu akan melihat jendela perintah akan terbuka di sana. Sekarang, Matikan Redmi Note 3 kamu & boot ke mode fastboot dengan menggunakan tombol Power on + Volume down .
4. Hubungkan perangkat android ke komputer menggunakan Kabel USB. Sekarang perangkat kamu sudah terhubung ke PC Windows.
Ingin memeriksanya jika handphone telah terhubung atau tidak? Pada command prompt gunakan perintah berikut. "fastboot device"
Perintah itu akan menunjukkan jika perangkat kamu telah terhubung pada PC.
5. Sekarang, Gunakan perintah berikut ini untuk mem-flash pemulihan twrp atau recovery twrp pada perangkat Xiaomi kamu. Pastikan bahwa kamu telah mengganti nama unduhan twrp menjadi TWRP atau ganti kode dengan nama file pemulihan itu.fastboot flash recovery twrp.img
Juga, kamu dapat melakukan flash TWRP Recovery untuk satu kali (sementara) dan dapat menginstal SuperSU. Untuk melakukan ini gunakan perintah berikut.fastboot boot twrp.img
6. Diperlukan beberapa detik untuk mem-flash pemulihan ini. Setelah instalasi berhasil, pesan sukses akan muncul. Selesai! kamu telah berhasil menginstal recovery twrp pada redmi note 3.

Kamu dapat melakukan boot ke mode recovery dengan menggunakan tombol Power on + tombol Volume . Jika sudah, kamu siap untuk mem-flash ROM & Kernel custom.

3. Root Redmi Note 3 Dengan Memasang SuperSU.Zip


Kamu dapat menginstal aplikasi supersu untuk mendapatkan izin root sekarang. Pastikan kamu telah mengunduh file zip supersu flashable dan letakkan di penyimpanan internal atau di mana saja pada folder yang mudah di akses.

1. Matikan telepon kamu & boot ke mode recovery dengan menggunakan tombol Power on + Tombol Volume Down ini.
2. Jika berhasil, kamu akan berada di menu Recovery TWRP. Untuk yang pertama, Kamu perlu melakukan beberapa konfigurasi. Jangan khawatir karena ini merupakan hal yang mudah.
Pertama, Pilih bahasa sesuai yang kamu inginkan kemudian izinkan twrp recovery untuk membuat modifikasi dengan menggunakan " Geser untuk mengizinkan modifikasi" pada opsi berikutnya pilih opsi Keep Read Only.
3. Sekarang kamu akan berada di TWRP Recovery . Dari Menu pilih opsi Install .
4. Pilih file SuperSU.zip dari direktori atau folder yang telah kamu tempatkan sebelumnya.
5. Pilih Swipe untuk menginstal. Diperlukan beberapa detik untuk menginstall. Setelah instalasi kembali pilih Reboot> Opsi Sistem .

Selamat! Kamu telah berhasil melakukan Root Redmi Note 3 . Anda siap untuk mem-flash sekarang. Jangan lupa untuk membagikan ini dengan teman-teman Anda & Tolong lakukan komentar kami selalu ada untuk membantu Anda.

FAQ Tentang Redmi Note 3 Root 

Bagaimana cara memeriksa apakah perangkat sudah di-root atau tidak? 
Kamu dapat memeriksa status root perangkat kamu dengan menggunakan aplikasi Root Checker yang tersedia di Google Play Store. 

Bagaimana cara menghapus akese rooting atau unroot perangkat kamu? 
Unrooting sangatlah sederhana. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mencabut akses root pada redmi note 3.
  • Buka Aplikasi SuperSU pada ponsel redmi note 3 kamu. 
  • Pergi ke Pengaturan . 
  • Sekarang pilih pada opsi Full Unroot dari menu aplikasi SuperSU. 
  • Setelah unroot reboot perangkat Anda. 

Gimana? Sangatlah mudah bukan untuk melakukan Rooting, Unlock Bootloader (UBL) serta Menginstall Recovery TWRP pada Xiaomi Redmi Note 3? Jika kamu memiliki pertanyaan janganlah sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Dan jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi serta subscribe website Indoroid agar kamu selalu mendapatkan tips & trik bermanfaat lainnya seputar android.
Disqus Comments