Cara Mengatasi Koneksi Internet Lambat Pada Android

Cara Mengatasi Koneksi Internet Lambat Pada Smartphone Android. Tidak bisa di pungkiri lagi seiring berkembangnya era globalisasi serta kemajuan teknologi yang sangat pesat, Saat ini berbagai kalangan dari usia SD sudah memiliki bermacam smartphone baik itu berjenis smartphone yang hanya khusus di pakai untuk menelpon dan SMS ataupun Android yang sudah memiliki fitur lengkap. Namun di balik semua itu tidak hanya bocah SD saja yang telah memiliki Smartphone melainkan dikalangan muda dan dewasa juga telah memiliki smartphone, baik itu yang berbasiskan OS Android ataupun OS lainnya.



Tentunya manfaat dari smartphone akan terasa sangat hambar ketika paket data ataupun koneksi internet tidak ada. Beberapa permasalahan yang sering mimin temukan yaitu meskipun paket data internet sudah ada, namun ada saja beberapa kendala yang menyebabkan konesi data internet kita terasa lambat alias lemot.

Nah, Pada artikel kali ini mimin akan mencoba membagikan kepada kalian semua tentang cara mengatasi koneksi intenet yang lambat dan ampuh 100%. Apa yang mimin tuliskan di sini merupakan pengalaman pribadi mimin selama menggunakan smartphone Android maupun smartphone yang berbasiskan OS Windows Phone.

Tips dan Trik Untuk Mengatasi Koneksi Internet Lemot


Ok, Langsung saja berikut ini merupakan cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi koneksi intenet sobat yang lambat ataupun RTO, yaitu :

1. Hapus Cache

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan koneksi internet kamu melambat yaitu banyaknya file cache yang menumpuk pada internal memori yang tidak pernah di hapus. Untuk mengatasi dan menghapus file cache atau sampah yang tidak berguna tersebut kamu perlu menginstall aplikasi pihak ke tiga di Android seperti Clean Master yang bisa kamu install melalui Playstore secara gratis.

Namun, jika kamu pengguna Smartphone Xiaomi, maka tidak perlu menginstall aplikasi tersebut karena dari pihak Xiaomi sendiri sudah menyiapkan aplikasi pembersih cache. Caranya yaitu kamu masuk pada pengaturan aplikasi Kemananan dan pilih menu Pembersih.

2. Gunakan Jaringan 4G/3G Sesuai Dengan Lokasi

Pada Tips yang kedua yaitu gunakanlah Operator ataupun Provider Internet yang menyediakan sinyal bagus pada Lokasi atau TKP kamu, Biasanya pada beberapa daerah Operator Telkomsel merupakan Provider yang menyediakan koneksi internet paling cepat dan stabil. Karena mustahil koneksi internet yang kamu gunakan akan menjadi cepat seketika jika operator seluler di lokasi kamu tinggal hanya menyediakan sinyal 2G. Mimin sarankan gunakan Opsel yang sudah mendukung jaringan 4G di Lokasi kamu agar aktivitas berselancar di dunia maya menjadi lancar.

3. Gunakan VPN

Ketika dirasa kamu telah menggunakan jaringan terkencang yang ada pada lokasi kamu namun tetap lemot. Untuk tips ke tiga ini mimin sarankan untuk menggunakan VPN. Pada saat kamu ingin menggunakan VPN mimin sarankan gunakan IP Singapore pada VPN karena Singapore mempunyai koneksi internet yang terkenal cepat serta lokasi Singapore merupakan negara yang paling dekat dengan Indonesia.

4. Blokir Iklan

Mungkin kamu telah mengetahui bahwa salah satu hal yang paling menyedot kuota internet hingga 80% adalah iklan pada situs-situs yang kita tuju. Nah, untuk mengatasi agar koneksi internet kamu menjadi lebih cepat saat melakukan browsing yaitu blokir semua iklan yang selalu tampil.

Nah dengan begitu kamu tidak akan mengalami yang namanya koneksi internet lambat atau loading yang lemot karena adanya iklan. Selain dengan memblokir iklan yang mengganggu, kamu juga bisa menghemat kuota internet yang dimiliki.

5. Gunakan Browser Tercepat

Terlepas dari beberapa Tips & Trik diatas tadi, ketika kamu hendak mencari berita ataupun hal penting lainnya melalui Google, tentunya kamu akan menggunakan aplikasi browser. Nah, ketika ingin menggunakan browser, Pilih dan Download aplikasi Internet Browser yang ringan, smooth, serta memiliki kecepatan yang besar.

Untuk aplikasi browser yang dapat kamu gunakan, mimin sendiri merekomendasikan seperti Google Chrome, UC Browser, Opera Browser Untuk Android.

6. Tutup dan Matikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Pada poin ke enam yang mimin bagikan di tips ini yaitu usahakan untuk selalu mematikan aplikasi yang sudah tidak di buka tetapi masih membekas pada recent apps ataupun aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dengan demikan jika kamu hendak melakukan browsing melalui aplikasi yang buka, maka penggunaan kuota internet akan sepenuhnya di gunakan untuk aplikasi browser yang di gunakan sekarang.

7. Gunakan Wifi

Untuk tips terakhir mengatasi koneksi internet lemot yaitu, ketika kamu sudah menggunkan berbagai operator seluler dan masih saja belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Ntah itu karena koneksi internet provider tersebut lagi down atau mengalami masalah lainnya. Pada tips ini mimin sarankan gunakanlah Wifi terdekat yang ada pada lokasi kamu agar koneksi internet menjadi semakin lancar dan tentunya speed download, upload, serta ping juga akan meningkat secara stabil tanpa adanya RTO (Koneksi putus-putus).

Sekian artikel singkat dari mimin mengenai Tips, Trik, dan Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot Pada Smartphone Android. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian, jika kamu memiliki cara ataupun tips lainnya untuk mengatasi internet lemot, jangan lupa untuk menambahkannya melalui kolom komentar dibawah ini ya. Dan jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi website Indoroid ini agar kamu selalu mendapatkan Tips & Trik menarik serta bermanfaat lainnya seputar Android.
Disqus Comments